PHK dan Acara yang Dibatalkan di WBAI-FM

Selama beberapa dekade, WBAI-FM tetap menjadi alternatif yang dengan sombong di pasar radio New York, benteng komentar politik sayap kiri dan suara-suara komunitas jarang terdengar di tempat lain di dial.

Identitas itu diragukan pada hari Senin ketika pemilik stasiun, Yayasan Pacifica nirlaba, tiba-tiba memecat sebagian besar staf WBAI dan mengganti program lokalnya dengan pertunjukan yang diambil dari empat stasiun Pacifica lainnya.

Sepuluh dari 12 karyawan WBAI di-PHK, menurut John Vernile, direktur eksekutif sementara Pacifica.

Karyawan dan tuan rumah sukarelawan di stasiun mengatakan bahwa mereka membabi buta dengan keputusan Pacifica. “Kami tidak percaya,” kata Alexander J. Urbelis, pembawa acara “Off the Hook,” sebuah acara mingguan tentang peretasan komputer. “Tidak ada yang diberi pemberitahuan tentang ini atau kesempatan apa pun untuk didengar.”

Berthold Reimers, manajer umum WBAI, mengatakan kepada produser dalam sebuah email pada Senin pagi: “Ada pertunjukan di udara sekarang yang tidak saya kenali. Ini artinya pertunjukkan Anda tidak lagi di WBAI. ”Mr. Reimers menolak berkomentar.

Para pemimpin Pacifica mengatakan bahwa keputusan untuk menutup operasi WBAI di New York telah berjalan selama berbulan-bulan, dan itu adalah langkah penting untuk menyelamatkan fondasi yang lebih besar dari kehancuran.

Dalam sebuah wawancara, Mr Vernile mengatakan WBAI – yang, seperti stasiun jaringan lainnya, didukung pendengar – telah gagal mencapai tujuan penggalangan dana dalam beberapa tahun terakhir. Dia menambahkan bahwa stasiun tidak dapat melakukan penggajian dan biaya lainnya, memaksa jaringan Pacifica Foundation yang lebih besar untuk menebusnya.

“Pendengar di San Francisco, Los Angeles, Houston dan Washington, DC, telah mendukung upaya di New York,” kata Mr Vernile. “Sudah sampai pada titik di mana kita tidak bisa lagi melakukan itu.”

Peringkat WBAI minimal, tetapi acaranya dapat berdampak. Pada hari Senin, Letitia James, jaksa agung New York, menulis di Twitter : “Ini sangat mengecewakan dan saya berharap stasiun ini diluncurkan kembali.”

WBAI dan Pacifica telah berada di bawah tekanan selama bertahun-tahun. Pacifica belum merilis laporan keuangan apa pun sejak 2017, ketika auditornya mengutip keraguan bahwa organisasi dapat berlanjut sebagai kelangsungan usaha.

Yayasan itu menghadapi kemungkinan kebangkrutan setelah pengadilan Negara Bagian New York memerintahkan pada tahun 2017 untuk membayar sewa $ 1,8 juta dan biaya lainnya kepada perwalian yang berafiliasi dengan Empire State Building, tempat WBAI mengirimkan sinyalnya.

Tahun lalu, Pacifica menyelesaikan dengan kepercayaan setelah mendapatkan pinjaman dari FJC, pemberi pinjaman nirlaba. Mr Vernile mengatakan Pacifica telah memenuhi kewajibannya berdasarkan perjanjian pinjaman. Sam Marks, kepala eksekutif FJC, menolak berkomentar.

WBAI, yang didirikan pada tahun 1960, adalah pemimpin dalam gerakan radio bentuk bebas, dan telah memiliki sejarah momen luar biasa dalam penyiaran. Bob Dylan membuat penampilan awal di stasiun, dan pada 1970-an WBAI dikutip oleh Komisi Komunikasi Federal karena ketidaksenonohan karena menjalankan rutinitas George Carlin dengan tujuh “kata-kata kotor,” sebuah keputusan yang ditegakkan oleh Mahkamah Agung .

Seiring dengan berkurangnya jumlah pendengar WBAI, keuangannya menjadi goyah. Pada 2013, setelah hampir satu dekade mengalami kerugian, stasiun ini memberhentikan 19 karyawan. Kadang-kadang, itu tampaknya dilumpuhkan oleh faksionalisme , ketika pertemuan dewan turun ke panggilan nama dan pertengkaran atas aturan parlemen.

Aset stasiun yang paling berharga mungkin adalah lisensi untuk mengoperasikan tempat yang didambakan pada piringan hitam, pada 99,5 FM, tetapi Tuan Vernile mengatakan Pacifica bertekad untuk tidak menjual bagian real estat radio itu. Pacifica, katanya, ingin “membangun kembali” WBAI di beberapa titik, meskipun ia tidak menawarkan tanggal target yang jelas.

“Kami belum keluar dari hutan,” katanya, “tetapi ini menempatkan kami di tempat di mana kami memiliki kesempatan untuk mengembalikan semuanya secara penuh.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *